Lord mobile game vs Ide Game Babad Tanah Jawa

Lord mobile game vs Ide Game Babad Tanah Jawa

Lord mobile game ini masih saja game yang bertema pertempuran untuk mempertahan an wilayah kerjaan. Game Online besutan perusahaan http://amanqq.com/ IGG yang bermarkas di singapore ini masih saja mengusung terma perang klan dan perebutan kekuasaan atara bangsa tau desa. Game ini sebenarnya sih tetap saja tak ada bebadanya dengan game game yang lain seperti Garena AOV, ataupu mobile lagend atau clash of cland yang memang sedikit memiliki perbedaan di beberapa hal.

Lord Mobile ini merupakan game oline yang telah diuduh dan dimainkan oleh takurang dari 50.000.000+ penguna dari seluruh dunia. Game yang mengandalakan kwalitas 3D yang mimpuni ini ternyata juga masih mengandalkan pada tokoh karakter dengan gambaran abad-abad pertengahan yang juga medominasi game-game yang telah ada sebelumnya. Saya sebagai penikmat game rasa-rasanya kok agak-agak gimana gitu ya memainkan game ini. Saya merasa memaikan game yang itu itu saja tidak ada sedikit yang merubah karakter gamenya dengan reset superhero yang ada di negara atau bangsa lain.

Namun begitu gamer-gamer saat ini agaknya cuek saja dengan situasi game yang itu-itu saja. Mereka lebih merasa nyaman dengan game yang setting cerita dan karakternya nggak jauh berbedan lord mobile tidak menjadi beda dengan mobile Legend. Tapi sedikit berbeda dengan garena AOV. Ini agaknya kurang di perhatikan dalam memainkan sebuah game. Daftar, main sampai level tinggi jual. Sepertinya itulah tren gamers saat ini karena banyak gamers yang main game memang tujuanya untuk memonetaize game tersebut menjadi penghasilan yang dapat mereka nikmati.

Melihat gelagat ini agaknya da sebuah serangan imperialisme budaya dalam dunia game. Lord Mobile , mobile lagend dan juga game-game serupa sungguh sanagt sarat dengan tokoh superhero dari negara-negara pembuatnya. Agaknya Gamer Indonesia tidak terlalau menyadari dengan inni semua. Apaka tidak ada yang pernah memikirkan sampai saat ini mengenaai itu semua. Mungkinkah kita para game developer Indonesia yang mencoba mendevelop game yang mungkin alur ceritanya mengenai barata yuda, atau babad tanah jawa dengan model game online.

Tentu ini akan sangat menarik manakala pangeran mangku bumi dengan skin yang begitu kuat menghancurkan kerajaan yang lain atau mungkin seorang ken arok melakukan pembunuhan pada rajanya untuk mengambil tahtanya. Apakah hal ini bukan hal yang menarik.

Sepuluh tahun yang lalu ada game strategi online yang namanya kalau nggak salah adalah kurusetra yang mengambil setting cerita jaman cerita pewayangan. Namun game itu tidak seperti yang ada sekarang ini. Sekarang tampilan 3d yang menarik menjadi kekuatan gamenya. Jika game kurustra itu dibuat kembali dengan gaya dan tampilan seperti saat ini seperti game Lord Mobile dan yang ainya tentu tidak akan kalah menarik dan popularitasnya tidak akan kalah dengan game besutan game dari luar negeri. Saya masih sangat percaya bahwa kwalitas gamer dan juga game developer yang ada di Indonesia tidak kalah dengan game developer luar negeri. Hanya saja mungkin kemampuan riset untuk menciptakan karakter lokal yang benar lokal kurang memadahi. Lewat pemikiran ini saya berharap ada game geme lokal yang dengan muatan lokal mampu mengusai pasar internasional. (*)